Rabu, 03 Oktober 2012

Tuhan dan MedSos (Media Sosial)

Tahun 2012 ini socmed alias social media alias media sosial alias medsos alias sekarepmu ate disebut opo *hahaha*, lagi heboh banget dibahas yak. Saking heboh dan menariknya, skripsi saya pun ada kaitannya dengan socmed, twitter. Semacam penelitian cybersastra tapi masih 'gak jelas'. *kok jadi bahas skripsi*
Medsos jaman sekarang gak cuma email, milis/grup, yahoo messenger, tapi juga facebook, twitter, skype, sampai bbm. Medsos jaman sekarang analoginya kayak buku diary bersama. Kenapa? Soalnya semuanya curhat dan cerita dalam satu wadah, media sosial. Padahal media kan gak Cuma punya sendiri, yak? Tapi whateverlah, terserah yang dicurhatin yak.. ​:D
Balik ke topik awal tadi, Tuhan dan media sosial. Seperti kita tahu, curhat via medsos itu kayaknya lagi 'in', lagi di'hobi'kan sm semua orang. Yang jadi 'lucu' buat saya itu ketika mereka menggunakan nama Tuhan dalam curhatan mereka. Maksudnya? Nah, sering kan kita nemu tulisan gini: "Tuhan, kenapa aku gini?" Atau "Ya اللّهُ, kenapa masalahku sebanyak ini" di status FB atau twitter? Dzieenngg, gak salah curhat nih? Ini yang pengen saya utek-utek. Kalo butuh Tuhan, kenapa kok bilangnya di FB ato Twitter?
Gini gini gini, wajarnya, curhat sm Tuhan itu via ibadah ato seenggaknya dalam hati aja. Kesannya apa coba, kalo curhat gitu via twitter. Saya emang orangnya paling males bahas agama atau Tuhan di forum publik. Kecuali forum kecil, dan tujuannya cuma saling share aja antar pemeluk-Nya. Kadang saya sih cuekin, tapi kadang jg jdi tanya, ehh, Tuhan punya facebook yah? Ato di follow Tuhan neng? Ato chatnya pending ya, smp ditulis di status bbm? Saya sendiri mengakui, sesekali saya bawa nama pemilik hati saya ini *ecieh* ke medsos. Kadang kalo kelepasan lah.. Kalo udah sadar, biasanya ngakak sendiri. Sesekali gak papa kali ya, paling gak untuk nunjukin situ punya Tuhan aja *pembelaan diri*. Kalo mau nunjukin ‘deket sama Tuhan, mending balik aja deh sama kebiasaan awal. Kalo buat muslim, ambil wudhu, sholat, trus ceritao sampaaiii puas. Saya beranggapan yang bawa nama Tuhan di akun medsos gitu itu riak ya.. Soalnya, gak ditemukan alasan lain selain itu. Apa kalo nulis nama Tuhan di facebook itu nanti semua doany dikabulkan? Percuma deh, apalagi kalo gak diikutin sm ibadah. Gak pernah sholat, tapi bawa-bawa nama Tuhan muluuu kalo ada masalah.. Aduh neng, kalo eke mah, malu yah.. Keliatan banget kalo ketemu Tuhan cuma pas ada maunya. Tuhan juga bisa sakit hati kalee.. Catatan pentingnya dari tuliusan saya ini: Tuhan itu gak punya facebook, meskipun Beliau tau semua yang kita lakuin. Kalo pengen masalahnya selesai, bilang langsung sama Tuhan. Tuhan dimana-mana, say.. Km bilang dalam hati aja Beliau paham.. Kalo bilangnya via jempol digoyang, waahh, gak tau ya, kalo manusia, apa gak gondok itu rasanya? Analoginya, kayak situ nembak orang lain. Lebih "ngena" mana, ngomong langsung "aku cinta kamu" sama tulisan segede papan reklame, "aku cinta kamu, aku gak bisa hidup tanpa kamu, bla..bla..bla.."? Sama-sama nembak, tapi tak jamin, yang pertama pasti bikin klepek-klepek yang denger.. Hahahahaa *ini analogi apaan sih?!*
Okee, sekian "curhatan" saya.. Smoga dibaca Tuhan ya, trus beliau bilang makasih kepada saya soalnya udah di bela.. Wakakakaka..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar